10 Hal tentang Edin Dzeko

560 views

Mungkin sebagian penggemar olahraga sepakbola belum banyak yang mengetahui tentang pemain yang satu ini. Tetapi, di liga Jerman, nama Edin Dzeko telah memperoleh banyak pujian karena berhasil menjadi top skor di musim 2008/2009. Hal itu membuat Edin Dzeko dianggap menyerupai Ibrahimovic yang memiliki postur tinggi dan mempunyai tembakan, visi serta heading yang bagus. Banyak klub elit Eropa yang berminat kepada Edin Dzeko. Sebut saja raja serie A, AC Milan, Raksasa EPL, Man.United, Arsenal, dan Man.City. Namun empat klub tersebut tak mampu membawa bintang muda binaan Wolfsbrug tersebut. Bahkan AC Milan yang notabene adalah klub impian Dzeko pun mengambil sikap untuk menyerah, walaupun sang pemain berharap AC Milan akan membelinya. Berikut 10 hal tentang Edin Dzeko:

Edin Dzeko

  1. Edin Dzeko lahir di kota Sarajevo, yang merupakan ibukota dari Bosnia, pada 17 Maret 1986. Edin Dzeko dan keluarganya musti menghadapi perang Bosnia di saat Edin Dzeko sedang berusia 6 tahun. Edin Dzeko bercerita: “Itu hal yang sulit bagi setiap orang di negeri ini. Kekurangan makan, tidak benar-benar cukup guna tiga kali makan per hari. Aku benar-benar takut di setiap harinya. Kami selalu wajib bersembunyi saat tembakan terdengar atau bom yang jatuh. Anda bisa saja tertembak di setiap saat. Aku lebih banyak menangis pada saat masa itu. Tapi Terima kasih kepada Tuhan, perang sekarang telah berakhir. “
  2. Dzeko bergabung bersama Bosnia dan Herzegovina Premier League FK dan Edin Dzeko melakukan debut pada tahun 2003, mengawalika karier sebagai pemain tengah dengan mencetak lima gol dalam 40 pertandingan dalam 2 tahun bersama klub.
  3. Edin Dzeko lalu pindah ke klub asal Ceko, FK Teplice terjadi pada tahun 2005 dengan nilai € 80.000, dan dipinjamkan kepada divisi ke-2 FK Usti Nad Labem guna paruh kesatu musim. Waktu di Republik Ceko Edin Dzeko berubah posisi menjadi pemain depan dan langsung di anugerahi gelar striker asing terbaik.
  4. Setelah menonjol melalui U19 & U21, Edin Dzeko melakoni debutnya bagi tim senior ketika melawan Turki pada tanggal 2 Juni 2007. Edin Dzeko memberikan dampak langsung, saat mencetak gol untuk menyamakan kedudukan sementara 2-2 untuk kemenangan Bosnia yang kemudian berhasil memenangkan pertandingan 3-2.
  5. Kehebatan Edin Dzeko tercium oleh manajer VFL Wolfsburg, Felix Magath. Magath yang membawa Magath ke Bundesliga dengan nilai transfer sebesar € 4million, & Magath juga menandatangani kesepakatan hingga 2011.
  6. Magath mulai cerah, dengan torehan lima gol di dua belas pertandingan pertamanya, namun Magath kurang berhasil di musim kedua, yang menyebabkan harus mengakhiri musim pertamanya di Jerman dengan 8 gol dalam 28 laga di Jerman.
  7. Musim terakhir ada cerita berbeda (2008/2009), Edin Dzeko menjadi setengah melainkan strikeforce tersukses di dalam sejarah Bundesliga dengan striker Brasil Grafite, saat mengalahkan Gerd Mueller & Uli Hoeness pada tahun 1972/73. Edin Dzeko saat itu berhasil menyumbang 26 gol dari keseluruhan 54 laga yang dia mainkan, sehingga membantu mendorong Wolfsburg meraih gelar Bundesliga.
  8. Edin Dzeko menyelesaikan musim tersebut dengan penuh sensasi, Edin Dzeko berhasil mencetak 2 kali hatrick. hattrick pertama lahir di tanggal 2 Mei ketika melawan TSG 1899 Hoffenheim, hattrick tersebut tercipta hanya dalam kurun waktu 13 menit.
  9. Setelah mencetak gol penuh sensasi tersebut, tidaklah lantas mem buat heran Magath menlontarkan pujian. Magath mengatakan tentang Edin Dzeko: “Edin Dzeko adalah tipe striker yang setiap klub akan sangat menyukainnya. Edin Dzeko tidak egois, ia memiliki tembakan yang akurat danserta heading terarah, dan Edin Dzeko juga mengetahui apa yang wajib dilakukan oleh bola ketika Edin Dzeko menerimanya.”
  10. Meskipun beragama Muslim, namun Edin Dzeko tidak menganggap bawha dirinya ortodoks dan cuma berdoa sekali dalam sehari, bukan 5 kali sebagaimana mestinya.

Tags: #https://en.wikipedia.org/wiki/Edin_Deko #Sepakbola

Leave a reply "10 Hal tentang Edin Dzeko"