Bergoyang Seru di Floating Cottage Resort Pulau Ayer

662 views

Bergoyang Seru di Floating Cottage Resort Pulau Ayer Papua rasanya begitu dekat saat menginjakkan kaki di dermaga Pulau Ayer. Tema etnik yang diberlakukan di salah satu lingkaran Kepulauan Seribu itu seolah-olah membawa kita ke sebelah paling timur Indonesia itu. Patung kayu besar semacam buatan suku Asmat turut menyambut kehadiran wisatawan yang mau menikmati keindahan Pulau Ayer. Pulau yang disebut Mutiara Kepulauan Seribu hal tersebut. Konon, konsep etnik Papua diabadikan di Pulau Ayer sebagai rupa promosi Papua yang dulu dikenal dengan Irian Jaya. Ketika Pulau Ayer pertama kali dioperasionalkan 1986, Irian Jaya barusan masuk kedalam kesatuan NKRI. Praktis lewat Pulau Ayer, kita pun bisa kenal sedikit budaya masyarakat Papua. Cerminan Papua di Pulau Ayer dapat dilihat dari rupa bangunan cottage, patung kayu dan warnanya, penamaan lokasi.

Meski baru dirilis pada 1986, tetapi eksistensi Pulau Ayer telah cukup lama. Bahkan rumornya Presiden pertama RI Soekarno pun menggunakan Pulau Ayer sebagai lokasi beristirahat. Sekarang, Pulau Ayer ada didalam pengelolaan pihak Ancol. Untuk jalan-jalan ke sana, jalur primer yang dapat ditempuh ialah lewat Dermaga pelabuhan Muara Angke atau pelabuhan Marina Ancol. Dengan jarak 14 km, kita butuh waktu 30 menit traveling naik kapal boat. Pihak biro travel menyediakan 4 speedboat tuk menganggung wisatawan ke Pulau Ayer. Speedboat itu dapat memuat penumpang hingga 40 orang dan pergi tiap harinya jam 09.00. Supaya bisa leluasa pilih paket traveling, anda musti datang lebih pagi lagi. Management Pulau Ayer juga merintis paket traveling One Day Tour Front Office pada biaya yang cukup terjangkau, yaitu Rp 300ribu.

Andalan Pulau Ayer – Floating Cottage

Sebuah situs travel di Kepulauan Seribu yaitu resortpulauseribu.com berujar bila anda mau lebih puas lagi menikmati pesona alam Resort Pulau Ayer, anda dapat menyewa cottage disana. Di area darat, ada sangat banyak penginapan dan resort yang boleh anda pilih berdasarkan selera dan budget yang ada. Tapi, jika anda mau merasakan pengalaman berbeda, floating cottage dapat menjadi opsi terbaik. Floating Cottage dinamakan juga dengan penginapan terapung. Cottage itu dibangun diatas permukaan air laut dengan sekian tonggak penyangga. Menjadikannya terlihat seperti mengapung diatas air. Tersedia 33 floating cottage yang dapat anda pilih. Pada cottage tersebut, konsep Papua berada terhadap penamaan cottage. Ada Fakfak, Enarotali, Serui, atau Ayamaru. Jangan tanya soal sensasinya. Mengingat berdiri diatas laut, maka anda bisa dapat efek sebagaimana sedang berlayar. Disamping view yang mengarah ke lautan luas, ombak laut juga tidak jarang menjadikan bangunan bergoyang. Cukup spooky, tapi sungguh disanalah sensasi serunya.

Uji ketahanan bangunan terbukti seiring berjalan waktu. Bangunan cottage yang telah lama dibangun nampak masih kuat dan gagah. Tentu saja petugas pengelola mengerjakan perawatan dengan berkala kepada cottage-cottage itu. Material kayu serta tiang penyangga yang dibuat dari baja dicampur beragam baham kimia supaya tak cepat busuk dan berkarat. Tiap cottage pun mempunyai fasilitas lengkap, semacam televisi, AC, sampai shower. Untuk perkara air, Pulau Ayer mempunyai satu kelebihan dari pulau lainnya, yakni adanya sumber air tawar, hingga pengelola tak sulit menyediakan kebutuhan air tawar secara mengirimnya dari Jakarta menggunakan kapal tanki.

Kepulauan Seribu mempunyai beberapa gugusan pulau, entah yang berpenghuni ingin yang khusus yang ditujukan tuk kebutuhan wisatawan maupun disebut dengan julukan pulau resort. Maka, Pulau Ayer ialah sekian dari resort yang terdapat di Kepulauan Seribu. Walau tanpa penduduk, Resort Pulau Ayer pun dilengkapi beberapa fasilitas umum, seperti rumah ibadah, mini market dan tempat olahraga. Cuma, di Pulau Ayer tak disediakan ATM, oleh karenanya anda musti membawa cukup uang tunai tuk bisa menikmati seluruh fasilitas di Resort Pulau Ayer.

Ekstra Hiburan di Pulau Ayer
Ada tidak sedikit paket liburan yang boleh anda pilih, mulai harga terjangkau sampai fasilitas super deluxe. Pulau dengan luas 10 ha ini mengandung segudang aktivitas hiburan tuk menyempurnakan liburan anda. Aktivitas darat semacam jogging dan naik sepeda merupakan alternatif aktivitas murah meriah yang dapat dilakukan. Berkeliling jalan paving block di pinggiran bibir pantai sambil melihat pemandangan ke laut lepas pastinya menyediakan suasana rileks.

Go Fishing? No Problem
Pulau Ayer punya nama lain, yakni Pulau Ikan. Hal itu karena banyaknya beragam jenis ikan dan ukuran yang mendiami perairan Pulau Ayer. Karakter Resort Pulau Ayer sebagai pulau karang mempunyai banyak lumut yang merekrut ikan-ikan datang. Oleh sebab itu, Pulau Ayer adalah lokasi yang tepat tuk mengalirkan hobi memancing. Tidak sedikit orang yang emang datang hanya memancing di dermaga pancing yang berada di wilayah belakang pulau. Separuh lagi memakai teras floating cottage mereka tuk mancing. Jika telah begini, memancing takkan kenal waktu lagi. Terlebih lagi pengelola membebaskan wisatawan buat memancing sepuasnya tanpa ada pungutan. Biaya memancing cuma dikenakan bagi pengunjung yang masuk naik kapal pribadi, itupun tak mahal, cuma Rp 50ribu.Beberapa fasilitas cuma-cuma yang disediakan pihak seperti kolam renang dan beberapa fasilitas olahraga semacam lapangan basket serta volly.

Sementara sarana hiburan semisal karaoke, meeting room serta gedung serbaguna dikenakan biaya. Management Pulau Ayer pun menyediakan sewa perlengkapan pancing bila anda datang tidak membawa pancingan. Jika fasilitas olahraga darat semacam basket dan voli tersedia gratis, tak demikian pada fasilitas olahraga air yang dipungut biaya sewa. Saat jam makan tiba, sound system akan panggil wisatawan tuk menikmati masakan di restoran yang beredar di penjuru Ayer. Ada beragam makanan yang disajikan, mulai masakan lokal, dataran Tiongkok, dan makanan barat. Anda boleh bersantap di teras restoran sembari menikmati hembusan angin laut.

Tanpa Snorkeling

Jika lingkaran pulau lainnya di Kepulauan Seribu tersohor dengan wisata air seperti snorkeling, maka tepislah hasrat anda tuk menyelami lautan Pulau Ayer. Tempatnya yang dekat dengan pantai Jakarta menjadikan pencemaran air di Resort Pulau Ayer terbilang tinggi. Lantaran itu, Pulau Ayer termasuk kategori bahaya buat snorkeling. Disayangkan memang, karena tidak lengkap rasanya merasakan pesona pariwisata bahari tanpa snorkeling. Padahal dari penampilan fisik, kejernihan air dan julukannya jadi Pulau Ikan jelas menggiurkan keindahan yang mengasyikan saat kita bisa snorkeling di permukaan airnya. Walaupun begitu, segambreng fasilitas dan aktivitas hiburan menarik yang disuguhkan Pulau Ayer jelas tidak menyurutkan kita tuk kenalan dengan pulau yang pernah didatangi Presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito. Baca info lengkapnya di http://resortpulauseribu.com/paket-travel-wisata-ke-pulau-ayer-resort/

Tags: #Pulau Seribu #Wisata Resort

Leave a reply "Bergoyang Seru di Floating Cottage Resort Pulau Ayer"