Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Aceh Kalau Cuma Tahu Mie Aceh Aja!

280 views

Aceh punya beraneka destinasi wisata yang amat indah, sebagaimana Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Danau Laut Tawar, atau Pulau Weh. Tetapi kamu tahu ga kalo Aceh juga adalah surganya wisata kuliner? Umumnya, makanan khas Aceh diketahui lezat. Citarasanya yang khas dari rempah-rempah bakal buat ketagihan. Wisata kuliner tentu jadi agenda wajib ketika wisata ke Aceh, khususnya Banda Aceh. Ingin tahu? Baca ini dong supaya bisa mencicipi kuliner khas Aceh.

Ayam Tangkap

Masakan khas Aceh satu ini terdiri dari ayam goreng dengan rempah-rempah khas sana. Kelezatannya yang sarat citarasa menjadikan Ayam Tangkap populer di negri Serambi Mekah itu. Proses masaknya pun unik. Ayam kampung dipotong-potong kecil, dibumbui jelang digoreng, dan saat digoreng, dimasukkan jua beberapa genggam daun salam koja, kari Temuru, dan daun pandan. Rasa rempah-rempah itu bakal meresap s.d ke dalam daging ayam. Itu lah rahasia kelezatan Ayam Tangkap. Bila penasaran mau mencicipi, datang ke Rumah Makan Cut Dek di Jl. P. Nyak Makam, Lambhuk, Banda Aceh.

Kuah Pliek U

Namanya barangkali agak unik, namun soal rasa, jangan ditanya. Kuah Pliek U ialah masakan gulai santen khas pesisir timur Aceh. Bahan dasarnya adalah pliek, yakni ampas produksi minyak kelapa yang sudah tak mengandung minyak lagi. Kuah Pliek-U ini disuguhkan bersama buah nangka muda, daun melinjo, buah melinjo, kacang panjang, buah pepaya muda, rebung kecombrang, dan udang kecil. Buat pelengkap nasi, Kuah Pliek U pun kerap disuguhi dengan ikan goreng. Masakan ini mudah ditemui di sejumlah rumah makan yang ada di Aceh.

Sie Reuboh Puteh

Sie Reuboh Puteh alias daging masak putih adalah daging sapi atau kambing yang direbus bersama bawang putih, garam, cabe rawit, dan cuka, lalu dilumuri perasan jeruk nipis kemudian diangin-anginkan kira-kira sehari semalam. Ketika bumbunya meresap, daging dipotong, digoreng sampai jadi seperti abon. Citarasa Sie Reuboh Puteh dari cuka enau yang dibuat dari enau. Makanan yang satu ini paling nikmat jika disantap panas-panas. Sie Reuboh Puteh bisa kamu cicipi di kawasan Lambaro, Aceh Besar, seperti di Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk. Kamu bisa menjadikan sebagai oleh-oleh, sebab Sie Reuboh Puteh bisa bertahan sampai sebulan.

Keumamah atau Ikan Kayu

Masakan tradisional Aceh ini dengan bahan dasar ikan tongkol. Ikan direbus, kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering, diiris tipis-tipis tuk mendapat tekstur renyah. Ada 2 jenis Keumamah, yakni Keumamah Leumak & Keumamah Tumeh. Keumamah Leumak diolah dengan cabe kecil, jahe, bawang putih, asam sunti, dan kunyit. Semuanya dihaluskan dan dilumuri di ikan kayu. Proses berikutnya ialah dimasak menggunakan santan. Taburi garam juga bubuk ketumbar secukupnya. Bila suka, bisa ceplok telur bebek ketika kuah mendidih.

Kopi Sanger

Kopi Aceh sungguh terkenal enaknya. Namun apa kamu sudah dengar Kopi Sanger? Bila belum, maka kamu harus menjajal “cappuccino” Aceh ini . Kopi Sanger dibikin dari campuran kopi hitam (biji kopi robusta maupun arabika) dengan susu kental dicampur gula. Kopi ini kemudian dikocok sampai berbuih. Untuk mendapat Kopi Sanger yang enak, campuran susu dan gula musti betul-betul dikuasai peraciknya. Rasanya creamy, secara citarasa khas kopi Aceh. Kopi Sanger dapat kamu nikmati di sejumlah warung kopi yang ada di Banda Aceh.

Martabak Aceh

Makanan ini emang mirip martabak telur, tapi proses pemasakan beda. Keunikannya ialah kulit didalam dan telurnya diluar. Karena itu Martabak Aceh kerap dijuluki Martabak Terbalik. Kulit martabaknya dibentuk persegi digoreng sampai renyah, persis roti canai. Kemudian kocokan telur yang sudah dicampur bumbu-bumbu dituang diatas kulit, kemudian digoreng kembali. Citarasanya gurih dengan sedikit pedas. Martabak Aceh seperti ini biasanya disajikan dengan bumbu kari ataupun gulai daging. Hmmm, terbayangkan nikmatnya?

Bu Sie Itek

Kamu suka bebek? Kalau ya, kamu wajib menjajal Bu Sie Itek. Menu khas Aceh ini terdiri dari nasi putih dicampur gulai daging bebek. Gulai ini dimasak dengan bermacam-macam rempah semisal cabai, bawang, lada, ketumbar, merica, dan lainnya. Daging bebeknya empuk juga gulainya punya aroma serta citarasa khas rempah. Tuk mencoba Bu Sie Itek, kamu boleh melipir ke warung-warung untuk kawasan Lam Cot, Aceh Besar.

Tags: #Kuliner Aceh

Leave a reply "Jangan Ngaku Pecinta Kuliner Aceh Kalau Cuma Tahu Mie Aceh Aja!"